Satu hal yang sering aku lakukan saat memakai Blackberry adalah mengirim satu SMS sekaligus ke banyak nomor, dan di Blackberry hal itu dengan mudah aku lakukan dengan menggunakan fitur group di contactnya blackberry.

Saat memindahkan semua contact dari blackberry ke Lenovo S890 dengan menggunakan sarana google, ternyata group yang ada di blackberry tidak ikut terpindahkan. Dan aku coba uthak-uthik di lenovo, fitur group di contact, tidak kuketemukan.

Groupy / Contact by Group

Groupy / Contact by Group

Dari pencaharian di Internet, ketemu satu aplikasi bernama Groupy /contact by group yang bisa di download dari Google play yang memiliki kemampuan membuat group dari contact kita di lenovo S890, seperti halnya yang bisa aku lakukan di blackberry yang merupakan fitur standard. Aneh juga, mengapa fitur yang sangat berguna ini tidak ada di fitur standardnya contact dari Android, dan perlu satu aplikasi khusus pula. Untung aplikasinya gratis.

Sangat mudah untuk menggunakan aplikasi ini. Setelah dipasang di Lenovo S890, dan diaktifkan, langsung groupy ini membaca seluruh contact yang ada di google contact.

Untuk membuat group-group yang diinginkan, dilakukan dengan cara membuat group-group dari contact yang ada di google. Semua pembuatan group ini dilakukan dari contact di google. Dan otomatis groupy akan membaca dan mengenal semua group yang telah dibuat di google.

Untuk mengirim SMS ke group, kita masuk dari aplikasi groupy kemudian kita kirim SMS, dan ada beberapa fitur menarik, seperi fitur macro yang bisa menuliskan nama-nama yang dikirim di SMS (hanya dengan mengirim satu sms, tapi isi sms akan beda-beda di setiap penerima dengan disisipi nama penerima). Dan saat mengirim dari groupy, dengan memilih option pengirimnya DEFAULT, sms akan terkirim dengan fasilitas message (SMS).

Setelah merampungkan memindahkan semua isi contact dari blackberry ke android, sekarang elesai sudah satu hal  lagi dalam proses migrasi dari Blackberry ke Android ini,yaitu hal mengirim satu sms ke banyak penerima sekaligus dengan fasilitas group,

About these ads